Mihrab Masjid Bawah Tanah


Alkisah, waktu gue foto ceruk ini di masjid bawah tanah di pemandian Taman Sari Jogja, gue gak tau ini ceruk apaan. Yah, perkiraan kasar sih ada, bahwa ini adalah tempat imam memimpin sholat. Tapi gue dan si kambing Ridwan, heran. Kok ceruk tempat imamnya banyak banget... imam sholat kan cuma satu!
Ternyata oh ternyata, setelah gue baca artikel di sebuah harian beberapa waktu lalu (Republika), ceruk ini namanya mihrab. Sebetulnya fungsinya adalah penanda arah kiblat. Meskipun ada sebagian ahli tafsir yang menganggap keberadaan mihrab itu bid'ah (karena di zaman Nabi Muhammad gak pernah disuruh bikin mihrab), tetapi akhirnya keberadaan mihrab menjadi salah satu bagian arsitektur masjid di seluruh dunia. Bahkan di Masjid Nabawi sana juga ada beberapa mihrab lho...
Duh begitu ya... padahal waktu itu gue dan si Ridwan sampe melongok-longok ke setiap mihrab di masjid Taman Sari... nyari lorong rahasia! hahaha....

1 komentar:

zakiya at: 3 Desember 2009 13.30 mengatakan...

Keren ya mesjidnya...

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
Jakarta, Indonesia
Fear of spiders. Afraid of the dark. Aerophobia. Pablo Neruda lover. Sassy, candid, ingenious, complicated, independent, and rebellious. I don't think I'm weird but others do.

Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Related Posts with Thumbnails